Ulasan Film Us (2019)

Deskripsi singkat: Film Us(2019) berhasil membuat penontonnya terbawa suasana dengan kemampuan acting para pemainnya dan juga visual dari Peele.

Ulasan Film Us (2019)

Siapa yang menggilai film horror? Jika anda salah satunya, apakah anda sudah pernah menyaksikan film horror Us (2019)? Bisa dikatakan film ini hampir memuaskan penggemar film horror di dunia. Dan Jordan Peele yang didapuk sebagai sutradaranya masih terbilang konsisten menampilkan film horror yang penuh dengan pesan kehidupan dan juga sangat mengena untuk diri sendiri.

Synopsis Us (2019)

Cerita dari film Us (2019) ini adalah adanya satu keluarga yang sedang berlibur ke pantai dan menginap di sebuah rumah, di mana rumah itu adalah rumah masa kecil sang istri dari keluarga itu, Adelaide Wilson yang diperankan oleh Lupita Nyong’o.

Terror pun akhirnya datang saat bandar togel hkg Adelaide makin mengingat masa kecilnya yang ia habiskan di tempat itu. Belum sehari tinggal di sana, kebahagiaan keluarga ini akhirnya berganti menjadi ketakutan ketika adanya tamu yang tak diundang muncul di halaman rumah mereka.

Tamu itu bagaikan dopplegánger dari keluarga itu. Bedanya, mereka datang ke sana untuk membunuh. Serangan terror untuk keluarga itu merupakan pergerakan yang besar. Dan keluarga Wilson ini harus bertahan hidup dari semua ini. Namun, berhasilkah mereka?

Scenario Ceritanya: Mind Blowing

Sebelum ulasan film Us (2019) ini beredar, banyak sekali teori yang bercerita bahwa film yang ditulis juga oleh Peele sendiri ini ada hubungannya dengan Get Out (2017). Tapi ternyata, BOOM! Tidak ada hubungannya sama sekali, meskipun ada beberapa unsur yang sama, yakni fiksi ilmiahnya. Tidak menuntup kemungkinan bahwa Get Out dan Us adalah satu universe.

Peele dikatakan masih juga konsisten dengan mencampurkan thriller dengan fiksi ilmiah di dalam perspektif horror. Tidak perlu adanya hantu, cukup dengan seringai dari peneror-peneror bisa membuat bulu kuduk merinding. Ya, bisa jadi, karya dari Peele ini bakal menjadi salah satu trend horror berikutnya di dunia maupun secara khusus di Indonesia. Mengingat memang konsep terornya ini sama seperti konsep Get Out dan juga A Quiet Place yang digarap oleh John Krasinski.

Namun sayangnya, masih ada formula klise yang ada di film Us (2019) ini melalui beberapa buah adegan. Satu sisi, hal tersebut bisa membuat penonton gregetan. Namun di sisi lainnya, alur yang awalnya dibangun dengan sangat bagus malahan lumayan cringe. Akhirnya penonton bisa memaafkannya karena unsur komedinya bisa mencairkan suasana.

Bisa jadi, lewat Us (2019) dan Get Out, kita jadi tahu bagaimana sebenarnya film horror khas Peele ini. Ya, seperti sebelumnya, Peele membuat konflik di dalam filmnya tidak dijelaskan lebih lanjut lagi dan penonton bakal dibuat bingung. Mungkin memang itu lah yang diinginkan oleh Peele, mengajak penontonnya menginterpetasi ending sesuai dengan versi masing-masing penonton. Kalau memang akan dijawab di sekuel atau pun prekuelnya, masih diragukan apakah bisa sama-sama ‘nendang.’

Namun harus diakui bahwa keempat pemain utama dalam film Us (2019) ini secara tidak langsung berperan sebagai hero bagi masing-masing karakternya. Dan seperti kebanyakan film horror lainnya, Us (2019) ini juga minim pemain utama. Tapi, soal kualitas aktingnya, acting dari keempatnya berhasil membekas.

Bagaimana dengan visualnya? Memang tak bisa dibandingkan dengan Get Out karena keduanya memang berbeda. Di dalam film Us (2019) ini kita tidak akan menemukan adegan sadis yang di-close up namun sebagai penggantinya, Peele menampilkan ekspresi pemainnya dengan maksud yaitu memberikan emosional yang sama pada penontonnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.